Saturday, June 30, 2012

LITBANG DEPTAN TURUN KEPALOH


Oleh : Darmawan
Penelitian dan pengembangan pertanian dari Departemen Pertanian Jakarta mengadakan pertemuan dengan kelompok tani yang ada di kecamatan Paloh, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2012 di aula kantor camat paloh. 
Juga dihadiri Oleh Sekcam, PPL, Kades, sementara itu dari deptan sendiri  terdiri dari para ahli seperti Pak Suharno, Kusnandar, Agus, Ridwan tahir, dan Sofyan. 
Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui secara langsung bagaimana kondisi para petani, dan apa-apa saja  kendala yang dihadapi selama ini sehingga bisa mencari jalan keluar yang terbaik. 
Adapun dialog yang dilakukan sangat menarik walaupun dengan  santai, diantaranya Tanya jawab yang dilakukan seperti jenis padi apa saja yang ditanam, apa sudah menggunakan teknologi pengolahan tanah, pupuk apa saja yang dipakai, bagai mana cara memanen padi menggunakan arit atau ani-ani dalam setahun berapa kali menanam padi sampai kepada cara misah padi dari tangkainya masih menggunakan kaki atau mesin perontok. 
Kemudian ada pertanyaan yang menarik kenapa memilih menanam padi local ketimbang padi unggul padahal jika dilihat dari hasilnya lebih baik padi unggul ketimbang local, dan apa jawaban dari para kelompok tani ternyata sama semua. 
Bahwa masyarakat paloh suka dengan beras hasil padi local bila dimasak lebih kembang dan keras serta tahan lama sementara padi unggul lembut ini kemungkinan lidah sudah terbiasa memakan beras local. 
Sehingga dalam hal ini bagaimana untuk mendapatkan padi unggul tapi yang hasilnya sama sesuai dengan padi local dan cocok untuk daerah pertanian tadah hujan yang dekat dengan air asin. Selain itu tanaman dan ternak apa saja yang menjadi prioritas yang ada di masyarakat sehingga dari hasil ini akan dibuat laporan yang akan dibahas dengan bupati sambas apakah program yang direncanakan bisa dilaksanakan kedepan untuk membangun daerah perbatasan lebih maju lagi.        

No comments:

Post a Comment