Tuesday, May 29, 2012

PELATIHAN TRANFALANSI TERUMBU KARANG


Oleh : Darmawan                                                        
POKMASWAS KAMBAU BORNEO mendapatkan ilmu pengetahuan baru tentang bagaimana tranfalansi terumbu karang walaupun baru teori mudah-mudahan bisa dipraktekan, materi ini disampaikan oleh kawan-kawan dari B DIVE SCOOL INDONESIA IPB. 
Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan penelitian tentang terumbu karang yang ada di Pesisir Paloh, mulai dari jenis terumbu karang, kadar air maupun membuat zona dimana kiranya terumbu karang bisa tumbuh dengan baik. 
Mengingat daerah pesisir paloh adalah penghasil udang loobster tentunya banyak kegiatan dari nelayan yang berhubungan dengan terumbu karang, ada yang menyelam menggunakan kompresor dengan obat bius tentunya sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup karang dan ada juga menggunakan pukat atau jaring.
Semoga dengan adanya penelitian dan tranfalansi terumbu karang akan menambah daya tarik wisatawan yang akan berkunjung dipaloh dan bisa mencontoh daerah yang sudah berhasil mengelola terumbu karang sehingga punya nilai ekonomis terhadap masyarakat. Semoga pokmaswas kambau borneo juga bisa berperan aktif dalam membantu kegiatan ini karena ruang lingkup kerja dari pokmaswas tidak hanya penyu tapi menyangkut daerah perairan dan pesisir.         

No comments:

Post a Comment