Saturday, April 21, 2012

SOSIALISASI SL-PTT TAHUN 2012



Oleh : Darmawan

Sosialisasi Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu atau SLPTT, dilaksanakan di Balai Pengelola Kecamatan Paloh yang berada di guntong Desa Mentibar pada tanggal 19 April 2012. Hadir dalam Sosialisasi kali ini KabidTanaman Pangan H. Nazimi, Kasi SL-PTT Abdul Gani, Kasi Perlindungan Tanaman Pangan Iswadi serta para penyuluh pertanian lapangan dan diikuti peserta dari perwakilan kelompok tani sekecamatan paloh yang terdiri dari delapan desa. 
Adapun maksud dan tujuan SL-PTT adalah untuk memberikan pelajaran atau tambahan ilmu kepada kelompok tani secara langsung dilapangan bagai mana cara  meningkatkan hasil tanaman padi. Mulai dari perencanaan biaya, mempersiapkan benih, lahan, cara menanam serta mengenal berbagai macam penyakit pada tanaman padi dan melaksanakan pencegahan maupun pengobatan.
Dengan tambahan ilmu yang diberikan akan meningkatkan pengetahuan akan cara bercocok tanam yang baik dan benar, agar program pemerintah tentang surplus beras dari tahun ketahun dapat tercapai. Bagai mana tidak dengan perkembangan pembangunan yang ada luas lahan pertanian semakin sedikit, banyak kita perhatikan  lahan pertanian  berubah menjadi gedung dan lahan-lahan yang ada menjadi perkebunan sawit. Jika hal ini tidak diatasi maka akan terjadi krisis pangan, di Indonesia setiap tahunnya 1 orang mengkonsumsi beras 139,5 kg sedangkan Negara luar tidak sebesar kita dalam hal mengkonsumsi beras. Untuk dikabupaten sambas dari tahun yang lalu hasil padi berjumlah 307 ribu ton dan mengalami surplus, khusus dipaloh menghasilkan 20 ribu ton. Semoga kegiatan ini membawa pertanian kita menjadi lebih baik.             

No comments:

Post a Comment