Tuesday, April 17, 2012

PEREMPUAN PEMECAH BATU


                                                                                    Oleh : Darmawan

Ini adalah salah satu potret perjuangan hidup yang ada di tempatku, apapun perkerjaannya yang penting halal akan dilakukan.  Pemecah batu adalah jenis pekerjaanya, selain laki-laki ada juga perempuan.
Jika masuk kedusun setingga akan melihat tumpukan-tumpukan batu-batu ditepi jalan dekat rumah warga, untuk menambah penghasilan keluarga para perempuan ini juga turut serta dalam pekerjaan ini.
Batu adalah bahan material yang banyak digunakan dalam kegiatan pembangunan, termasuk didesaku sebubus  banyak yang menggunakan batu ini untuk kegiatan pembangunann baik jalan, rumah dan sebagainya.
Batu-batu ini didapat dari penggalian atau pengambilan batu yang ada digunung bulat sekitar 2 Km dari tepi jalan raya, batu-batu besar dipecah kemudian diangkut kedusun setingga untuk dikumpulkan karena dekat dengan gunung.
Disinilah batu akan dipecah lagi sesuai permintaan pasar ada ukuran 10-15, 5-7, 2-3. Dalam hal memecah batu tentunya diperlukan keahlian dan kewaspadaan jika tidak pecahan-pecahan batu bisa saja melukai sipemecah. Untuk mendapatkan satu kubik batu dalam sehari belum tentu bisa didapat para perempuan ini, untuk satu kubik batu diberi upah Rp. 50.000. Dan kalau musim hujan, batu-batu ini tidak bisa dibawa keluar dari gunung karena jalanan becek dan licin, ini bearti pekerjaan memecah batu terhenti.   


No comments:

Post a Comment