Saturday, April 14, 2012

PADDAK DAN BELACAN ASLI PALOH


Oleh : Darmawan
Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini yaitu paddak atau kate orang ponti disebut calok, terbuat dari anak udang atau bubuk hasil dari nelayan togok. Ada beberapa pembuat paddak yang ada didusunku jeruju desa sebubus kecamatan paloh, salah satunya sebut saja endek renah yang selalu membuat Paddak sebagai kegiatan home industri.

Adapun proses pembuatan yang dilakukan pertama anak udang yang menyatu dengan ikan-ikan kecil dipisahkan lalu dicuci dan ditiriskan, lalu dimasukkan kedalam wadah seperti ember atau tempayan kemudian diberi gula dan garam sesuai dengan banyaknya bubuk lalu dibiarkan selama empat malam. Nah setelah itu bubuk sudah menjadi paddak dan siap untuk di konsumsi, dalam hal ini paddak ada juga yang diberi warna sesuai dengan keinginan konsumen.

Biasanya di masyarakatku menghidangkan paddak selain untuk makanan sehari-hari juga untuk pesta perkawinan, dan cara menghidangkannya ada yang dimasak terlebih dahulu dan ada juga langsung dimakan begitu saja tergantung selera masing-masing tentunya untuk lebih nikmat ditambah cabe deh. Untuk belacan atau terasi mengunakan bahan yang sama hanya berbeda adalah cara pembuatannya, bubuk yang sudah bersih dijemur kemudian ditumbuk dilesung dan memerlukan  beberapa kali proses penumbukan sampai bahan menyatu baru dibentuk sesuai keinginan sipembuat dan belacan sudah siap untuk dibuat sambal. Proses pembuatan maupun kemasan paddak dan belacan yang ada masih sangat sederhana mudah-mudahan yang akan datang  lebih baik lagi. Bagi yang mau mencoba paddak dan belacan asli dari paloh tinggal kontak aja ya….              


No comments:

Post a Comment