Sunday, April 1, 2012

NGAMPING


Oleh : Darmawan

Sekitar pukul 15.30 wib disaat aku sedang duduk santai diteras depan rumah, terdengar olehku suara alu lesung berbunyi. Rasa penasaran ada apa gerangan  setelah kulihat ternyata ada ibu-ibu tetangga rumahku sedang melakukan sesuatu. 

Ku coba menghampiri dan bertanya kepada salah seorang dari mereka. Agek ngape ye ndek renah, ngamping wan jawabnya. Ngamping merupakan tradisi masyarakat yang dilakukan saat panen padi, dalam proses pembuatan emping ini tidak terlalu sulit.

Pertama-tama padi yang digunakan adalah jenis pulut atau ketan karena lembut, lalu padi digonseng selama beberapa menit setelah itu baru ditumbuk menggunakan alu lesung. 

Setelah selesai ditumbuk baru dipisahkan antara kulit padi dengan isinya jadi deh emping. Emping sudah siap untuk disajikan sesuai selera masing-masing bisa di buat seperti quaker oat atau dimakan dengan parutan kelapa muda dan gula merah rasanya lezat sekali. 

Jangan lupa sambil menikmati emping, memutar lagu-lagu sambas yang judulnya alok galing  pasti bertambah asik dan semoga kegiatan ngamping ini terus diadakan sehingga tidak hilang ditelan jaman.

No comments:

Post a Comment