Saturday, April 7, 2012

BANG LEMAN SI TUKANG PERAHU


sedang bikin perahu
Oleh : Darmawan

Mayoritas pendudukku adalah nelayan, karena letak kampung yang berdekatan dengan laut  dan sungai. maka keberadaan perahu motor sangat penting sebagai sarana sumber pendapatan nelayan.   

Dalam hal ini tentunya tidak semua orang bisa membuat perahu, untuk memenuhi kebutuhan akan perahu ini tentunya diperlukan orang yang ahli dalam bidang ini. Sebut saja bang leman bertempat tinggal di Dusun jeruju Desa Sebubus yang sudah menekuni profesi ini lebih kurang belasan tahun. 

Menurut bang leman perahu motor yang di buat tidak terlalu besar dikarenakan para nelayan yang ada ditempatku mencari ikan dan udang tidak telalu jauh ketengah laut dan waktunya juga tidak lama paling satu hari sudah pulang tapi terkadang ada juga yang memesan ukuran besar. Ukuran perahu yang dibuat olehnya juga berpariasi, ada yang panjangnya 7 meter lebih dan lebar 1.80 meter dan dalam waktu 3 minggu sudah bisa  selesai tergantung dari bahan yang ada. Untuk satu unit perahu motor menghabiskan biaya sekitar 2,8 juta rupiah ( tergantung besar kecilnya perahu ). Semoga usahanya terus maju ya …

No comments:

Post a Comment