Wednesday, March 14, 2012

Wisata Malam


Penyu turun ke laut
OLeh: Darmawan

Jika masyarakat perkotaan wisata malam adalah dunia penuh dengan hiburan,permainan,makan minum dan lain-lain banyak yang dilihat namun berbeda dengan yang satu ini, terdapat di Desa Sebubus Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. 

Untuk menuju tempat wisata ini bisa di pandu kawan-kawan POKMASWAS KAMBAU BORNEO atau WWF lebih kurang 1 jam perjalanan dari ibu kota Kecamatan. Namun jangan terkejut jika sudah sampai di tempat tujuan tidak ada tempat hiburan sama sekali. 

Yang terlihat hanya pantai, laut yang bergelora, kerlap kerlip lampu perahu motor nelayan. Namun perlahan akan muncul mahluk-mahluk hijau Chelonia mydas atau penyu hijau dan jika beruntung dapat berjumpa Eretmochelys imbricate ( Penyu Sisik ) yang sudah mulai langka. 

Makluk ini hanya bisa di lihat pada malam hari, kita bisa mengamati si lamban yang berumur ratusan tahun ini mulai dari muncul ke pantai, menggali lobang, bertelor, dan yang paling unik adalah ritual mandi pasir sampai turun kembali ke laut. Sungguh sesuatu pemandangan yang mengagumkan, jika penasaran datang saja ke tempat kami.    


No comments:

Post a Comment