Saturday, March 10, 2012

sumber uang yang terlarang

poto penyu sedang bertelor
Oleh: Darmawan

Bisnis telur penyu memang menggiurkan. Dengan sekali bertelur saja seekor penyu menghasilkan sampai 130 butir bisa dibayangkan jika harga rp.2500 perbutir.

Tetapi jangan coba-coba untuk berbisnis telor ini karena sanksi yang di berikan sangat berat. Sebab  penyu binatang yang sangat dilindungi dan ada undang-undang beserta perangkat hukumnya sangat mendukung pelestarian penyu ini.

Apalagi jumlah penyu semakin langka untuk tahun 2011 saja dari bulan mei sampai desember yang bertelor lebih dari 1000 ekor.Jika telor penyu di perdagangkan terus-menerus perlahan namun pasti penyu akan sirna dari muka bumi.

Kita tidak akan melihat lagi hewan-hewan cantik ini khususnya di Paloh. Mungkin suatu saat kita hanya bisa bilang  ke anak cucu dulu di paloh banyak penyu. Artinya nasib sang penyu hanya tinggal cerita.

Harap di ingat bahwa penyu hidup di pantai-pantai di kecamatan paloh kabupaten sambas kalimantan barat perlu dilestarikan. Kalau sampai hewan ini sampai lenyap selama-lamanya kita juga yang rugi kan.

1 comment:

  1. mungkin karena pemerintah nya itu lagi pejam mata biasa takut dana nya di kurangin buat kado mama!heeeee

    ReplyDelete