Tuesday, March 13, 2012

Sicantik Yang Rapuh


Oleh: Darmawan

Penyu salah satu hewan dilindungi yang berada di perairan paloh sudah sangat di kenal masyarakat luas,reptil yang menghabiskan sebagian hidupnya di laut dan hanya datang ke daratan untuk bertelur.

Walau punya cangkang  keras namun sicantik ini tidak sekuat yang kita kira berbeda dengan ninja turtle,banyak sekali pemangsa atau penyebab kematiannya sehingga populasinya menurun. 

Dilautan bisa terkena pukat atau jaring para nelayan belum lagi hiu paling suka dengan penyu karena gerakannya yang lamban jadi mudah untuk di mangsa. Walaupun demikian penyu adalah perenang hebat yang dapat berenang sampai ke benua Amerika, Autralia dan apalagi di daratan manusia sudah menanti dengan wajah ceria untuk mendapatkan daging dan telurnya.

Jika hal ini di biarkan terus akan menyebabkan punahnya mahluk purba inipadahal penyu ini punya peranan penting dalam menjaga ekosistem laut, hilangnya penyu berarti hilangnya lamun dan rumput laut akibatnya biota laut juga menghilang. Dalam hal manusia juga akan merasakan dampaknya.




No comments:

Post a Comment