Friday, August 16, 2019

Bangun Dan Dorong Konservasi Alam Berbasis Masyarakat

Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus, BKSDA Provinsi Kalbar, BKSDA Seksi Wil. III SKW, BKSDA Resort Paloh mengadakan kegiatan pelepasliaran 1 ekor Elang Bondol ( Haliastur Indus) dan 1.200 anak penyu/tukik jenis sisik dan Hijau di Taman Wisata Alam Tj. Belimbing atau juga dikenal dengan nama Selimpai pada (3/8/2019), Agenda kegiatan dimulai pada pukul 13.30 di lokasi Ecowisata Mangrove Desa Sebubus, para tamu undangan disambut dengan tarian, kemudian dilanjutkan dengan mencicipi madu kelulut yang langsung disedot dari sarangnya yang merupakan hasil budidaya masyarakat setempat yang dipandu oleh guide pemegang IUPJWA, kegiatan dilanjutkan menyusuri track hutan mangrove yang terdapat berbagai jenis satwa salah satunya Bekantan/Kalilaek. Track mangrove yang dilalui ini sepanjang 348 meter yang dikelola oleh lembaga Kalilaek & Green Leaf.

Lebih kurang 150 orang tamu dari berbagai Instansi Pemerintah Daerah, Muspika Paloh, TNI/Polri Paloh, juga hadir Kapolsek Sajingan Besar,Genpi, Guru dan Siswa, Juga ada Penggiat Pariwisata diseberangkan menyusuri sungai yang kiri kanannya banyak ditumbuhi mangrove yang masih alami ke TWA Tj. Belimbing dengan menggunakan perahu motor milik masyarakat,  masyarakat lokal ada yang lebih dulu hadir dilokasi untuk ikut
memeriahkan kegiatan ini. Sesampainya di lokasi agenda berlanjut dengan pemaparan tentang TWA Tj Belimbing serta pemutaran vidio tentang konsep yang akan dibangun di tempat ini, disela-sela istirahat para tamu mencicipi sirup mangrove yang merupakan salah satu produk lokal, segar dan unik rasanya....bagi tamu khusus diberikan sirup dan dodol mangrove sebagai oleh-oleh.

Sebelum pelepasliaran satwa sebagai kegiatan penutup ada penyampaian kata sambutan  oleh Kepala BKSDA Provinsi Kalbar oleh Bapak Sadtata Noor Adirahmantan, S.Hut, M.T, beserta Muspika Paloh. Harapan kedepan bagi masyarakat di sekitar kawasan TWA dapat menjadi pioneer dalam menjaga hutan, melestarikan satwa dan tentunya berefek pada masyarakat sejahtera dalam ikut andil mendukung wisata di daerah mereka dengan menjadi penyedia jasa transportasi air, kuliner, home stay.
















































No comments:

Post a Comment