Oleh : Darmawan
Pemuda sebagai generasi penerus bangsa
tentu perlu ditumbuh kembangkan dalam hal patriotisme, dinamika, budaya,
prestasi dan semangat profesionalitas dan meningkatkan partisifasi dan peran
aktif pemuda dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Walaupun pelatihan kepemimpinan ini waktunya sangat singkat namun dilaksanakan dengan penuh semangat ditambah yel-yel pembakar semangat : Pemuda.. Jaya, Olahraga.. Maju, Siapa Kita.. Indonesia, NKRI.. Harga Mati. Inti tujuan dari pembangunan kepemudaaan adalah menciptakan Pemuda yang beriman dan bertakwa; (Karakter) Berakhlak mulia; (Karakter) Demokratis; (Karakter) Bertanggungjawab; (Karakter) Sehat, cerdas, kreatif, inovatif, dan mandiri; (Kapasitas) Berjiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan. (Karakter & Kapasitas) Berjiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan (Karakter & Kapasitas), Berdaya saing; (Daya Saing), Tentang kepemudaan ini diatur dalam UU NO. 40 TAHUN 2009.
Selain tanya jawab juga diberi kesempatan untuk menyampaikan program-program tentang kepemudaan, sebagai pemuda daerah perbatasan lembaga kalilaek bersama siswa-siswi sma/smk sambas dalam satu grup memberikan usulan program. Pertama membuat pemetaan tentang permasalahan, potensi, sosial budaya yang ada di tempat masing-masing. Kedua membuat kelompok usaha pemuda produktif dalam membangun dan meningkatkan perekonomian. Ketiga mengajak para mahasiswa yang sudah selesai kulian untuk kembali tempat asal mereka dalam gerakan membangun desa sehingga ilmu yang ada dapat dikembangkan. Keempat membuat program kegiatan nyata berupa percontohan diberbagai bidang, bukan selalu menadahkan tangan. Kelima memberikan pelatihan jurnalisme kampung kepada pemuda untuk mengenalkan daerah masing-masing. Perlu diingat sejarah membuktikan bahwa perjuangan Bangsa Indonesia tak lepas dari pemuda dan ingatlah kata-kata Presiden RI ke-1 SOEKARNO “ beri aku 1000 orang tua maka akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncang dunia.
No comments:
Post a Comment