Sunday, October 14, 2012

KEDATANGAN TAMU BULE


Oleh : Darmawan
Tak terasa musim puncak peneluran penyu hampir selesai di bulan oktober ini, dengan gelombang laut yang besar membuat sungai-sungai yang ada di pantai peneluran penyu tadinya terbuka kini tertutup sehingga memudahkan perjalanan menyusuri pantai. 
 Kebetulan aku kena giliran tugas monitoring dan menjadi ketua tim pada saat itu, setelah melaksanakan aktifitas bersama rekan-rekan kembali ke camp untuk istirahat sebentar. 
Pada saat itu tanggal 29 September 2012 sekitar jam 22.15 Wib terlihat cahaya motor mendekati tempat kami dan ternyata yang datang adalah tamu bule bernama Thomas Ulrich dari Negara Swiss yang di damping rekan-rekan dari WWF.
Pak Thomas ini adalah konsultan pariwisata untuk daerah Singbebas ( Singkawang, Bengkayang, Sambas ) maksud dan tujuannya adalah untuk melihat dan menggali potensi pariwisata yang ada di tempatku, baik itu wisata pantai sungai maupun seni budaya yang bisa kita tawarkan pada tamu dari luar dan tentunya hal ini tidak begitu mudah dan perlu adanya kerjasama dari pihak pemerintah setempat dalam mempersiapkan infrastruktur seperti jalan dan jembatan untuk mempermudah akses menuju tempat wisata. Sambil ngobrol menikmati kopi hangat asli dari paloh yang rasanya enak kata pak Thomas, namun sayang pada malam itu pak Thomas tidak berjumpa dengan penyu yang sedang bertelur dikarenakan penyu sudah banyak yang turun kelaut jadi hanya menggali sarang tukik yang sudah menetas.    

No comments:

Post a Comment