Sunday, October 14, 2012

HUJAN YANG DI TUNGGU-TUNGGU


Oleh : Darmawan
Musim kemarau masih terasa sampai sekarang walaupun sudah memasuki pertengahan bulan oktober ini, di Kecamatan Paloh tingkat curah hujan masih rendah itupun tidak merata dan tidak lebat. 
Tentunya kondisi ini membuat mayarakat sedikit ekstra terutama dalam mengambil air untuk minum, belum lagi tentang tanaman padi jika tidak ad hujan bagaimana untuk bercocok tanam dengan kondisi tanah yang kering dan merekah bahkan anak-anak padi yang ada di persemaian mulai memerah. 
Jika masalah kebakaran tentunya tidak berbeda dengan di tempat lain yang menimbulkan kabut asap yang menggangu jarak pandang membuat mata perih dan napas terasa sesak. Bukan hanya di darat dilaut juga dirasakan para nelayan, jika melintasi jalan dari cermai sampai temajuk masih terlihat sisa-sisa kebakaran sampai di tepi jalan dan masih terlihat kepulan asap ditambah lagi tiupan angin yang kencang api semakin cepat menyebar.
Dan jika pada malam hari warna merah nampak jelas di beberapa titik dan ada tercium bau harum, ini di karenakan ada kayu gaharu yang terbakar. Tentunya dalam menyikapi hal ini selain berusaha kita iringi  dengan memanjatkan do’a kepada Allah SWT agar hujan segera turun agar kondisi keadaan sekarang ini bisa teratasi. 

No comments:

Post a Comment