Tuesday, June 26, 2012

POKMASWAS KAMBAU BORNEO SIAP LESTARIKAN PENYU


Oleh : Daramawan
Tak terasa satu tahun telah berlalu sejak Pokmaswas Kambau Borneo ini dibentuk, tentunya banyak hal telah dilalui selama proses pelestarian ini berlangsung baik suka maupun duka yang pro dan kontra.
Semua dapat diatasi dan terobati dengan berhasilnya tukik-tukik yang turun kelaut dengan jumlah 24.000 tentunya dengan data-data yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan, hal ini merupakan suatu awal pencapaian yang baik untuk menuju kedepan.
Pada tahun 2012 target yang harus dicapai menjadi dua kali lipat dari tahun lalu, ini merupakan suatu tantangan kedepan yang harus dihadapi dan perlu dukungan dari segala pihak khususnya masyarakat paloh.
Dan pada tanggal 7 juni 2012 para anggota pokmaswas sudah mulai aktif kembali kepantai mengingat pada bulan ini sudah memasuki musim puncak peneloran penyu, sebelum turun diadakan acara pelepasan dan pembekalan yang di laksanakan di kantor camat paloh.an oleh Kapolsek Maupun Sekcam Paloh tentang kegiatan konservasi penyu ini, sekaligus menyaksikan penandatanganan ikrar janji para anggota untuk melaksanakan dan menjalankan aktivitas monitoring maupun pengawasan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.
Dengan kegiatan festival pesisir paloh beberapa waktu yang lalu tentunya menambah semangat kawan-kawan pokmaswas dalam menjalankan aktifitas serta mulai nampak adanya dukungan dari instansi Banyak wejangan yang berharga yang disampaikterkait, dan berharap Bupati Sambas juga memberikan dukungan yang penuh untuk memperkuat pokmaswas kambau borneo ini mengingat penyu Paloh berada di wilayah Kabupaten Sambas.
Semoga harapan kedepan penyu dapat berkembang lebih banyak lagi dan menjadi icon untuk mendatangkan asset bagi masyarakat, sehingga tidak terdengar lagi telor penyu diperjual belikan tapi yang kita jual adalah bidang pariwisatanya sebagaimana tempat-tempat lain yang sudah maju dan mungkin awalnya seperti ditempat kita.
Tidak ada yang tidak mungkin jika kita semua bersatu bahu membahu, tidak akan berubah suatu kaum jika kaum tersebut tidak merubahnya.           

No comments:

Post a Comment