Monday, May 21, 2012

PERSATUAN PERKAWINAN


Pengumpulan bahan-bahan persatuan perkawinan
Oleh : Darmawan
Acara pesta pernikahan baik dikota maupun dikampung tentunya memerlukan biaya yang besar apalagi yang diundang orang banyak. Kalau dikota biasanya mengunakan biaya sendiri untuk mengadakan pesta, namun bagi masyarakat kampung yang ada di tempatku biaya untuk pesta didapat dari persatuan perkawinan. 
Hal ini tentunya meringankan beban bagi masyarakat yang akan mengadakan pesta, adapun yang dikumpulkan dalam persatuan ini seperti beras, padi, daging sapi, telur, minyak goreng, gula, rokok, sampai band untuk acara hiburan juga ada. 
Jadi tuan rumah yang akan mengadakan acara tinggal menyiapkan rempah dan bahan yang belum tersedia, bagi masyarakat yang disarok pakatan atau diundang biasanya membawa ayam dan beras jadi ada tambahan untuk pesta pernikahan dalam artian makan bersama. 
Dalam mengumpulkan persatuan perkawinan ini dilakukan seminggu sebelum acara pesta hari dan jamnya juga ditentukan untuk memudahkan dalam  pendataan, hal serupa akan terus berlanjut sampai ada acara pesta berikutnya.
Yang jelas untuk mengambil atau menarik persatuan harus melapor terlebih dahulu kepada ketua persatuan agar jadwal tidak tumpang tindih, dan jika anak masih kecil bagi orang tua ikut persatuan jadi tabungan untuk kedepan jadi sudah ada persiapan untuk biaya pesta perkawinan. Inilah salah satu contoh kebersamaan masyarakat dalam hal gotong royong bahu membahu masih terlihat mulai dari mengambil kayu api, membuat tarup, masak-memasak, sampai mencuci piring semua dilakukan secara bersama dan tidak ada yang diupah. Walaupun zaman terus berubah mudah-mudahan persatuan seperti ini akan terus hidup dimasyarakat.           

No comments:

Post a Comment