Sunday, May 20, 2012

MUSIM KEMARAU RAWAN KEBAKARAN


Oleh : Darmawan       
Setiap musim pasti memiliki efek positif dan negative, termasuk musim panas bagi masyarakat pekebun yang ada disekitar hutan harus selalu waspada jika akan membuka lahan atau membersihkan lahan dengan cara dibakar. 
Memang hasil yang dicapai bisa lebih maksimal, namun akibat dari perbuatan tersebut dapat membahayakan baik hutan maupun kebun-kebun milik orang lain yang ada disekitarnya juga bisa ikut ludes terbakar. 
Peristiwa ini sudah sering terjadi ditempatku di kecamatan paloh, para pekebun harus menanam tanaman berulang-ulang kali ini diakibatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja membakar atau akibat puntung rokok yang dibuang menyebabkan kebakaran ini terjadi. 
Sering timbul keluh kesah dari mereka kapan akan menikmati hasil kebun yang mereka tanam jika terus-terusan terbakar,apalagi dilahan gambut yang apinya bisa bertahan lama didalam tanah. 
Untuk menyikapi musim kemarau ini perlu antisipasi baik itu dari desa, dusun, maupun rt untuk menghimbau kepada mayarakat untuk tidak membersihkan lahan dengan dibakar dan jangan membuang puntung rokok sembarangan jadi masyarakat pekebun harus saling menjaga agar tidak ada yang dirugikan dalam hal ini.  

No comments:

Post a Comment