Saturday, November 10, 2012

BUDI DAYA RUMPUT LAUT ALA PALOH














Oleh : Darmawan
Laut menyimpan berbagai macam habitat yang sangat berguna bagi manusia, salah satunya adalah rumput laut yang berfungsi sebagai bahan makanan kosmetik dan lain-lain.  
Di Kecamatan Paloh budi daya rumput laut di lakukan berbeda dengan tempat lain yaitu di sungai bukan di laut, hal ini di karenakan lautan ditempatku adalah laut lepas jadi tidak ada tempat yang aman untuk budi daya dari gelombang laut. 
Sepanjang sungai mutusan maupun sungai yang ada di Desa Sebubus mulai dari dusun jeruju, setingga, merbau sekarang banyak di penuhi botol-botol sekilas lihat seperti sampah-sampah yang mengapung. Namun jika kita lihat lebih dekat ternyata di sini terdapat budi daya rumput laut dengan menggunakan media botol-botol bekas sebagai pelampung agar tidak tenggelam. 
Kegiatan ini marak di lakukan masyarakat sekitar 2 bulan terakhir ini, sebelumnya hanya coba-coba di lakukan di sungai ternyata bisa juga di lakukan. Setiap hal pastinya banyak kendala yang di hadapi termasuk budi daya ini, rumput laut yang sudah besar yang siap di panen ternyata bisa lepas dari ikatan tali. 
Hal ini masih dalam penelitian apa penyebabnya sampai bisa terjadi seperti ini, apakah di potong atau digigit oleh ikan atau yang lainnya. Khusus bagi para nelayan sering menjumpai rumput-rumput laut yang lepas ini masuk ke dalam jaring pukat maupun togok, belum lagi masalah pemasaran. 
Jika potensi rumput laut ini punya nilai jual yang bagus tentunya masyarakat mau melakukan budi daya ini karena lahan yang ada masih banyak.    

No comments:

Post a Comment