Wednesday, May 30, 2012

SOSIALISASI KAWASAN HUTAN PERBATASAN


Oleh : Darmawan
Kawasan hutan adalah wilayah tertentu yang ditunjuk dan atau ditetapkan oleh pemerintah untuk dipertahankan keberadaanya sebagai hutan tetap, kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor desa sebubus pada tanggal 30 mei 2012.
Materi ini disampaikan oleh Khazarudin Kabid penatagunaan, pemanfaatan kawasan dan pengembangan sumber daya masyarakat dari dinas Kehutanan Kabupaten Sambas dan dihadiri pula dari Tim Exspedisi Khatulistiwa,Sekcam paloh, Kades Sebubus, Kadus Desa sebubus,tokoh masyarakat dan ormas.
Dalam sosialisasi ini banyak sekali penjelasan tentang kawasan yang selama ini masyarakat tidak tau persis batas-batas wilayah hutan yang boleh maupun tidak boleh untuk dikelola, karena jika tidak pembukaan lahan terus terjadi dan hal ini harus disinergiskan dengan keadaan masyarakat setempat supaya tidak ada lagi kesalah pahaman tentang kawasan. 
Sementara hutan yang ada di Negara tetangga masih sangat baik terjaga sementara di daerah kita hutannya harus exstra penjagaan dan perawatannya ini dikarenakan ada segelintir orang yang tidak bertanggung jawab membabat hutan dengan alasan perut harus diisi. 
Sementara itu hutan konservasi TWA, hutan lindung, hutan produksi maupun peraturan yang belaku dimana suatu ketetapan juga harus berdampak positif untuk masyarakat dalam pemanfaatan kawasan hutan. Suasana menjadi hidup ketika ada tanya jawab, seperti masyarakat yang membuka lahan lebih dahulu dari penetapan lahan tersebut menjadi kawasan dan suatu tempat yang sudah menjadi pemukiman penduduk padahal berada dalam kawasan. 
Begitu juga mengenai tempat wisata yang berada di kawasan TWA yang belum nampak manfaatnya untuk masyarakat sekitar, maupun patok-patok yang dipasang di sekitar pemukiman penduduk tanpa melibatkan aparat desa maupun masyarakat setempat sehingga menimbulkan kerancuan. Dengan adanya kegiatan ini dinas kehutanan membuka komunikasi seluas-luasnya kepada masyarakat, bagaimana mencari jalan keluar yang terbaik jika dalam kegiatan sehari-hari ada yang berkecimpung di kawasan hutan dan mengambil manfaat dari kawasan tersebut.            

No comments:

Post a Comment