Tuesday, March 20, 2012

Bangun Potensi Mayarakat


Oleh : Darmawan
Dewasa ini dengan perkembangan jaman dan teknologi yang semakin canggih, tingkat ekonomi yang semakin sulit perlu adanya suatu terobosan baru. Paloh salah satu Kecamatan yang berbatasan dengan Negara Malaysia sebagai beranda depan juga harus mempersiapkan diri. Saat ini keterampilan yang di miliki masyarakat masih belum cukup, perlu adanya peningkatan. 

Balai latihan kerja paloh tempat di adakannya pelatihan keterampilan yang terletak di Desa Sebubus  berdampingan dengan Kantor Desa ini 
sudah sejak lama didirikan namun  belum di fungsikan dengan baik, bahkan tidak terurus. 
Padahal banyak sekali potensi yang bisa di gali dan di kembangkan mengingat Kecamatan Paloh sangat luas. Dengan berbagai sumber daya alam baik di bidang perikanan, perkebunan, hasil hutan dan lain-lain. 

Adapun beberapa contoh keterampilan yang bisa mendatangkan penghasilan seperti pembuatan  kerupuk, ikan asin, mebel, perbengkelan, tikar pudak semua perlu di benahi supaya hasil dari kerajinan masyarakat dapat bersaing dan di terima di pasaran. 

Namun dalam hal ini pelatihan dan pembinaan tidak hanya sekali harus ada kelanjutannya agar hasil yang di capai bisa maksimal. Untuk itu pihak-pihak yang terkait dalam hal ini bisa membantu masyarakat dalam membangun potensi keterampilan. 




No comments:

Post a Comment