Monday, May 14, 2012

MINIMNYA BIAYA PILKADES


Oleh : Darmawan
Pemilihan kepala desa suatu kegiatan yang pasti dilaksanakan ketika jabatan seorang kepala desa akan berakhir, namun di balik ini semua tentunya memerlukan kesiapan baik itu panitia sebagai penyelenggara maupun biaya.
Untuk pembiayan pilkades setiap desa tentunya berbeda-beda disesuaikan dengan besar kecilnya desa dan jumlah penduduk, permasalahan yang timbul ketika pilkades yang akan dilaksanakan disetiap desa ternyata tidak jauh berbeda yaitu tentang biaya.
 Dalam hal ini khususnya desa sebubus kecamatan paloh juga akan melaksanakan pilkades pada tanggal 2 juni 2012 dan rincian anggaran sebesar tiga puluh tujuh juta lebih itupun sudah dirampingkan dengan jumlah pemilih lima ribu lebih jiwa dan jumlah TPS ada 14. Namun sampai saat sekarang ini biaya yang diperlukan belum ada dan waktu pemilihan semakin dekat, tentunya keadaan seperti ini membuat panitia kelabakan. 

Ada sedikit perbincangan yang menarik ketika permasalahan ini muncul Mengingat pada waktu pilpres, pilgub, pilbub dilaksanakan semua menggunakan biaya pemerintah sedangkan pilkades juga bagian dari pemerintah namun harus menggunakan biaya sendiri. Baik Kepala Desa, BPD, LPM dan panitia sudah beberapa kali berembuk untuk mencari solusi tentang masalah ini  dan jika dalam waktu dekat biaya belum juga terpenuhi bisa mengganggu kegiatan yang sudah direncanakan  tentunya merugikan banyak pihak.
Ini adalah sesuatu yang harus dipikirkan untuk kedepan baik Pemerintah Daerah maupun Dewan Perwakilan Rakyat untuk dapat membahas tentang hal ini untuk dapat memasukkan biaya pilkades dalam anggaran pemerintah agar kejadian seperti ini bisa teratasi.    

No comments:

Post a Comment