Monday, September 21, 2015

Mentari Mulai Menampakkan Sinar Hangatnya

Kabut asap perlahan mulai memudar setelah diguyur hujan dalam dua hari pada minggu lalu, walaupun tidak lebat namun menunjukkan perubahan kondisi cuaca yang ada lebih baik khususnya dipaloh. Matahari tidak lagi berwarna merah sebagai mana sebelumnya seperti lampu kekurangan minyak, sinarnya mulai memancar dan awan juga mulai terlihat.

Namun demikian jika tingkat curah hujan masih kurang dan belum merata tentunya kecerian hari tidak bisa bertahan lama,  khusus di Kecamatan Paloh tingkat kebakaran tidak terlalu parah seperti tahun sebelumnya namun kabut asap yang terjadi sekarang merupakan kiriman dari tempat lain dan tentunya juga berdampak besar bagi daerah ini.

Kondisi kabut asap dari kebakaran banyak membuat dampak lingkungan yang buruk seperti mengganggu jarak pandang, mengganggu aktifas belajar disekolah, menyebabkan penyakit ispa maklum yang dihirup bukan lagi oksigen tapi karbon dioksida, udarapun menjadi
pengap selain itu lautan dan sungai menjadi tidak terlalu jelas terlihat tentunya mempengaruhi hasil tangkap para nelayan.

Menyikapi hal ini yang kerap terjadi setiap tahunnya tentunya semua pihak harus tanggap terhadap bencana dan perubahan iklim dengan melakukan berbagai upaya pencegahan. Tebentuknya Masyarakat Peduli Api ( MPA ) ditingkat desa sampai dusun merupakan solusi yang baik namun dalam hal ini tentunya pembinaan, pelatihan dan  pembekalan akan penanganan kebakaran  juga perlu ditingkatkan akan tetapi yang paling penting adalah peralatan pemadan kebakarannya dan bukan hanya sekedar dibentuk.

Tentunya diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah, instansi terkait pihak swasta dan masyarakat dengan tidak bosan-bosannya menghimbau dan mensosialisasikan tentang menjaga lingkungan dengan tidak membakar lahan yang akan digunakan untuk perkebunan.  Siap siaga dan tanggap akan bencana dan perubahan iklim juga harus menjadi prioritas apalagi paloh merupakan daerah pesisir, tentunya penegakan hukum bagi pelaku pembakaran lahan serta perusak lingkungan harus dilakukan demi kepentingan bersama.

No comments:

Post a Comment