Sunday, December 14, 2014

KENALKAN KAMPUNG DENGAN TULISAN

Perdesaan ataupun perkampungan yang jauh dari informasi tentunya tidak mudah untuk mendapatkan Koran, majalah maupun tabloid seperti masyarakat perkotaan, hal ini dikarenakan jangkauan jarak tempuh dan tentunya memakan waktu yang agak lama.
Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi saat ini bisa membuat terobosan baru bagi masyarakat pesisir maupun pedalaman dengan menggunakan fasilitas internetan lewat Hp dan komputer yang sudah ada diperkampungan sehingga bisa mengakses berbagai berita diseluruh dunia, tentunya dengan keberadaan teknologi ini tidak disia-siakan oleh masyarakat untuk mengenalkan daerahnya mulai dari permaslahan yang dihadapi, potensi, lingkungan dan lain sebagainya lewat tulisan.
Tidak ketinggalan seperti ditempatku Paloh salah satu Kecamatan di Kabupaten Sambas yang berbatasan dengan Negara Malaysia ini juga turut aktif dalam dunia tulis menulis melalui program Pelatihan Jurnalisme Pemuda Perbatasan yang dilaksanakan pada (13/12) di Aula Kantor Camat Paloh, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Border Bloger Movement (BBM) yang Sukses pada tahun 2012 yang pernah ku ikuti.
Peserta yang hadir berjumlah 15 Orang merupakan perwakilan dari delapan desa yang ada dikecamatan paloh meliputi Desa Temajuk, Sebubus, Nibung, Malek, Mentibar, Tanah HItam, Matang Danau, Kalimantan. Selain para pemuda ada juga orang tua yang ikut dalam kegiatan ini dan mereka sangat senang dan penuh semangat, Darmawan (38) dibantu oleh Andika dan agustina melaksanakan kegiatan ini dalam dua tahap dengan menggunakan enfocus supaya lebih mudah pada pagi hari penyampaian teori  dengan materi yang pernah didapat dari Asriyadi Alexander Mering (BBM) tentang tahapan dan langkah-langkah dalam menulis kemudian pada siang sampai sore hari dilakukan praktek membuat blog.
Walaupun terkendala listrik sempat mati lebih kurang 45 menit, Lemahnya sinyal internet serta kapasitas penggunaannya yang terbatas  sehingga beberapa Laptop tidak bisa digunakan dan harus bergantian namun dengan kesabaran dan semangat untuk belajar semuanya dapat berjalan dengan baik.
Setelah Pelatihan ini banyak yang akan kami tulis ungkap Hermanto dari Matang Putus serta Rian Winandi dari Temajuk, ngomong-ngomong tentang Temajuk tentunya banyak yang sudah mengetahui dan berfikir tower sinyal untuk Hp yang ada saja tidak bisa digunakan apalagi mau internet.
Saat Sekarang ini walau Hp tidak bisa digunakan namun untuk internet sudah bisa dilakukan dengan adanya fasilitas berupa Mobil internet yang ramai digunakan pada sore dan malam hari oleh warga temajuk terutama para pelajar sehingga dapat membantu.
Semakin banyak kita menulis dan mengenalkan daerah kita kepada dunia luar akan semakin baik, dengan program jurnalis ini kedepan agar dapat lebih ditumbuh kembangkan dimasa sekarang dan akan datang.
Dengan terlaksananya kegiatan ini tak lepas dari partisifasi dan dukungan dari Bapak Sehan Arahman, S.H selaku Anggota Dewan Dapil V Sambas, Dinas Pemuda Sambas, Camat Paloh, bang Mering yang selalu memberi saran pendapat serta motivasinya dalam mensukseskan kegiatan ini dalam membangun kampung dan semoga amal ibadah yang dilakukan adalah sebagai ladang amal dan mendapat berkah dari Allah SWT. 







No comments:

Post a Comment