Tuesday, May 21, 2013

MENGENAL 7 ( TUJUH ) LATIFAH PADA MANUSIA

Oleh : Darmawan

Manusia di ciptakan Allah SWT sebagai mahkluk yang paling mulia diantara mahkluk lainnya, namun di balik ini semua banyak juga yang merendahkan derajatnya sebagai makhluk yang paling mulia. Manusia bisa melebihi malaikat dalam beribadah dan bisa menjadi setan dan bahkan lebih parah dari binatang.  

Di dalam diri manusia terdapat tujuh tempat lahir dan batin, adapun yang lahir seperti mata, telinga, hidung , mulut, tangan, kaki, syahwat sampai perut. Sedangkan yang batin di kenal dengan nama latifah adalah sebagai berikut :
1. Latifah Qalbi letaknya berada dua jari di bawah susu kiri, di sinilah terletak sifat-sifat kemusrikan, kekafiran, tahayul dan sifat iblis. Jika latifah ini di sucikan maka akan terisi Iman, Islam, Ihsan, dan Ma’rifat.

2. Latifah Ruhi letaknya berada dua jari di atas susu kanan, di sinilah terletak sifat binatang jinak yaitu sifat yang menuruti hawa nafsu. Jika latifah ini di sucikan maka akan membuang sifat menuruti hawa nafsu yang selalu mengajak kepada kejahatan namun selalu berada dalam ketaatan kepada Allah SWT.

3. Latifah Sirri letaknya berada dua jari di atas susu kiri, di sinilah terletak sifat binatang buas yaitu sifat zholim, pemarah, pendendam,. Jika latifah ini di sucikan maka akan terisi sifat kasih sayang dan ramah tamah.

4. Latifah Khafi letaknya berada dua jari di atas susu kanan, di sinilah terletak sifat pendengki, khianat. Jika latifah ini di sucikan maka akan terisi sifat syukur dan sabar.


5. Latifah Akhfa letaknya berada di tengah-tengah dada, di sinilah letaknya sifat riya’, sombong, mebanggakan diri, memamerkan kebaiakn diri, takabur. Jika sifat ini di sucikan maka akan terisi sifat ikhlas, khusu’, tawadhu.

6. Latifah Nafsu Natiqo letaknya berada diantara dua kening, di sinilah terletak nafsu amarah yaitu nafsu yang selalu mendorong pada kejahatan. Jika latifah ini di sucikan maka akan terisi sifat tentram dan pikiran tenang.

7. Latifah Kullu Jasad terletak di seluruh tubuh jasmani, disinilah terletak sifat jahil, malas beribadah. Jika latifah ini di sucikan maka akan terisi ilmu dan amal.
Untuk mensucikan latifah ini tentunya harus banyak beristiqfar mohon ampun kepada Allah dan berdzikir, adapun dzikir yang di gunakan seperti dzikir Nafi Isbat “ Laa Ilaaha Illallah “meniadakan ( nafi ) seluruh bentuk tuhan seperti : Tuhan hawa napsu, patung-patung, jin, berhala, thagut, syirik dan menetapkan (isbat ) bahwa tiada tuhan yang berhak di sembah melainkan Allah. Selain itu ada Dzikir Ismuzat “ Allah “

Tentunya dalam hal pemahaman dan pengamalan ini perlu belajar pada orang-orang yang benar-benar faham dan mengerti agar tidak keliru untuk mencapai tauhid yang sesungguhnya serta mencapai derajat kemulian.         

No comments:

Post a Comment