Friday, 11 May 2012

KEBUN LADA DI PERBATASAN PALOH

Oleh : Darmawan 
Salah satu potensi dibidang perkebunan yang ada di Kecamatan Paloh selain karet adalah lada, mulai bulai mei ini sudah ada yang dipanen. Bagi masyarakat daerah perbatasan menjual hasil lada tergantung dari harga pasaran yang ada, apabila harga di Malaysia tinggi mereka akan menjual kesana dan jika  tidak  mereka jual di tempat sendiri. 
Masyarakat panen lada satu tahun sekali dengan luas lahan yang berbeda-beda, ada yang menanam ratusan sampai ribuan batang tergantung dari kemampuan untuk mengelola tanaman lada tersebut. Biasanya untuk memanen lada ini diperlukan tenaga tambahan orang dalam arti kata mengupah, baik perempuan maupun laki-laki ikut andil dalam hal ini daripada tidak ada kegiatan sama sekali kata mereka.
Ada dua  jenis lada yang mereka buat putih dan hitam, untuk menghasilkan lada putih maka harus direndam di air selama beberapa hari sedangkan yang hitam tinggal dijemur namun harga kedua lada ini berbeda. yang putih lebih mahal. Untuk tanaman  lada tak berbeda dengan tanaman yang lain jika ingin mendapatkan hasil bagus perlu perawatan yang baik.             

1 comments so far

Tadinya saya pikir lada hitam berasal dari jenis yang berbeda dari lada putih. Makanya kalau sampai dalam masakan, makanya masakannya lebih mahal seperti sapi lada hitam. Eh gak tahunya prosesnya lebih sederhana dari lada putih. Alah mak, terkicuh awak selama ini..


EmoticonEmoticon