Thursday, September 15, 2016

Taukah anda Paloh Jadi Perkampungan Kelulut ???

Lebah kelulut atau Klenceng ( Trigona ) adalah lebah tidak bersengat yang menghasilkan madu sama seperti lebah madu, terdapat hampir 500 spesis kelulut terdapat di seluruh dunia. Lebah kelulut dapat dijumpai pada daerah tropika dunia, seperti Australia, Afrika, Asia tenggara, Amerika untuk dikalimantan banyak ditemukan dihutan belantara sedangkan dipaloh sendiri banyak dijumpai pada hutan mangrove ditepian sungai terutama di kayu nyirih (Xylocarpus granatum).

Kelulut menyimpan madu di dalam tempayan kecil yang dilapisi propolis kaya dengan antioksidan yang berfungsi sebagai antikulat, antifungus, antibakteria dan antiradang yang biasanya digunakan sebagai bahan aktif dalam kosmetik, krim dan tablet. Propolis terbentuk dari bahan resin yang diambil kelulut dari pohon yang mengandung getah kemudian memprosesnya sehingga membentuk propolis, bahan yang berwarna hitam, kuning atau coklat tua di sarang lebah kelulut.

Propolis mampu merawat ulser dan mencuci buah pinggang serta berkesan untuk mencegah pembiakan sel kanker sedang Antioksidan ini pula banyak fungsinya terutama dalam masalah penyakit kanker. Adapun kandungan vitamin dan mineral madu kelulut (trigona) antara lain :
1.  Vitamin:Thiamin (Vit. B1), Riboflavin (Vit. B2), Piridoksin (Vit. B6), Asam Askorbat (Vit. C), α-tokoferol (Vit. E), Niasin, Asam pantotenat, Biotin, Asam folat dan Flavonoid (Vit. K). Mineral : Natrium (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (Al), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Seng (Zn), Potassium, Sodium Klorin, Sulfur.

2.  Madu Kelulut (Trigona) mengandung enzim-enzim penting yang diperlukan oleh tubuh seperti diastase, peroksidase, dan oksidase yang mampu memecah karbohidrat dan glukosa serta menghasilkan energi instan.
3.  Madu Kelulut (Trigona) dapat menyatu dengan aliran darah hanya dalam waktu 7 menit.

Madu Kelulut (Trigona) juga cocok bagi penderita diabetes melitus, sebagai pengganti insulin, menormalkan kadar gula, mengatasi lemah syahwat, menormalkan fungsi alat vital, serta penyeimbang metabolisme dalam tubuh.

Kecamatan Paloh sendiri mulai gencar mengembangkan madu jenis ini, hampir disetiap rumah warga terutama di Desa Sebubus memiliki madu kelulut yang sudah dibudidayakan didalam kotak, Ramli (41) Kadus Setingga Asin juga menyampaikan lama-lama desa kami bisa menjadi  perkampungan kelulut dan berhati-hati nanti didatangi beruang madu celotehnya mengenai harga yang ditawarkan juga bervariasi 1 kg dibandrol 180.000 jika dijual dalam kemasan botol 625 ml seharga 150-200 rb.


Pada umumnya konsumen meyakini bahwa madu trigona mempunyai kualitas yang lebih baik, terutama fruktosa dan glukosanya dibanding madu lebah lain. Alasan kedua adalah jumlah produksinya masih sangat sedikit, baik secara keseluruhan maupun per koloni. Sebagai bandingan, madu dari jenis Apis mellifera mampu menghasilkan sekitar 10 kilogram madu per koloni tiap tahun, sementara Apis trigona hanya 1-2 kilogram per koloni tiap tahun.

Bagi mereka yang belum mahir membedakan madu trigona dan madu apis, memang sulit membedakannya. Baik mengenai warna atau kekentalannya, namun mengenai rasa madu trigona memiliki rasa khas agak masam. Bahkan, juga sulit membedakan ” madu gula” dengan “madu asli”. Madu gula adalah madu lebah yang dihasilkan karena diberi makan gula/tetes, sedangkan madu asli dihasilkan oleh lebah yang mencari makan pada jenis bunga-bunga dan tumbuhan.

Di pasaran konsumen juga sering menemukan madu kopi, madu karet, madu lengkeng, madu rambutan, atau madu mixflower atau multiflora, dan sebagainya. Perbedaan itu berdasarkan jenis bunga yang diisap lebah, dan masing-masing jenis memiliki kelebihan
maupun kekurangannya. Mahal-murahnya harga tidak selalu berhubungan dengan khasiatnya, tetapi lebih sering ditentukan oleh hukum permintaan dan penawaran bahwa madu mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan manusia.

Madu merupakan hasil yang paling maksimal dan bagus yang dikumpulkan dari lebah pekerja penghasil madu, madu trigona merupakan madu yang paling istimewa diantara banyak madu-madu lainnya. Madu trigona ini masih sulit di dapat karena masih sangat sedikit yang membudidayakan, dan mencarinya hanya di tengah hutan belantara maka
harganya lebih mahal dari harga madu lain.

Karakteristik Madu Kelulut (Trigona) dan Cara Membedakan Madu Asli,Palsu atau Campuran : Rasa Madu Kelulut (Trigona)  sangat unik dan berubah-ubah sesuai dengan sumber pakan dan musim manis, agak kecut dan agak asam namun tetap terasa menyegarkan di tenggorokan dan tidak membahayakan bagi kesehatan lambung bahkan memberikan manfaat bagi pemulihan lambung yang bermasalah.

Warna Madu Kelulut (Trigona) bermacam-macam mulai dari kuning tua, merah, kecokelatan hingga kehitam-hitaman karena adanya perubahan warna madu dipengaruhi oleh sumber pakan, umur madu dan perubahan cuaca.

Meneteskan Madu di Air Di Dalam Piring / Mangkok Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk seperti sarang lebah, semakin lama bentuk segi nya bertahan berarti semakin bagus baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias madu asli. Jika semakin cepat bentuk segi itu memudar maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisi sudah jauh berkurang salah satu ciri madu asli adalah ketika dimasukkan ke dalam air maka madu tersebut tetap solid dan berbetuk segi, terkecuali di aduk rata maka air akan keruh.

Madu Kelulut (Trigona) yang asli akan dikerubungi semut karena :
-  Semut  merupakan salah satu musuh alami lebah trigona di alam aslinya.
-  Semut sangat menyukai madu kelulut (trigona) karena nektar dan sumber nektar yang diambil oleh lebah kelulut (trigona) juga disenangi oleh kawanan semut.

Memutar Optik Madu asli mempunyai kandungan gula yang spesifik yang dapat mengubah sudut putaran cahaya terpolarisasi. Higroskopis Madu asli bersifat menyerap air, jika madu dibiarkan terbuka pada tempat dengan kelembaban udara tinggi maka madu akan bertambah encer.

Tidak Mudah Mencampur Dengan Air Madu asli jika dituangkan ke dalam air hangat tidak akan pecah atau air akan tetap jernih sebelum diaduk merata dan bagi madu yang sudah tercampur dengan air biasanya air akan menjadi keruh.

Membeku Jika Di Freezer Cara ini tidak 100% benar, seasli-aslinya madu terdiri dari mineral dan nutrisi, kandungan air rata-rata 17,4% dan tentu saja yang namanya air pasti membeku kalo di dalam Freezer. Dan ada beberapa madu yang memiliki sifat mengkristal seperti madu Kaliandra.

Mencampurnya Dengan Kuning Telur Cara ini tidak 100% benar, campurkan dua sendok makan madu dengan kuning telur lalu kocok jika kuning telur tampak mengkristal dan kelihatan matang maka madu anda asli. Yang sebenarnya terjadi adalah penggumpalan atau koagulasi hal ini karena madu adalah asam dan kuning telur adalah protein. Protein yang dicampur dengan asam akan menggumpal sehingga telur akan terlihat matang yang sebenarnya ter-koagulasi, namun tidak semua jenis madu memiliki kadar asam amino yang tinggi.

Kocok Madu Dalam Botol Madu asli jika di kocok akan berbusa, busa dan udara yang terbentuk akan naik dan menekan tutup botol serta menjadi gas ketika tutup botol dibuka akan terdengar suara letupan kecil, apalagi tergantung suhu penyimpanan yang panas dan usahakan penyimpanan dalam suhu sejuk atau di Frezeer.

Teteskan Madu Pada Kertas / Koran Cara ini tidak 100% benar, jika madu yang Anda miliki adalah madu asli pasti tidak mudah diserap kertas atau koran karena kadar air yang terkandung di dalam madu asli lebih rendah dibandingkan madu palsu.

Menggunakan Korek Api Cara ini tidak 100% benar batang korek api yang dimasukkan atau dicelupkan dalam larutan madu beberapa detik, sesudah itu kita ambil dan korek tersebut kita pantikkan dengan kotak korek. Kalau korek tersebut masih bisa menyala maka madu yang kita uji adalah asli. Cara ini banyak dipakai penjual madu di pasar-pasar dan cara ini belum teruji secara nyata karena sampai saat ini banyak yang belum menemukan hasil penelitian yang merekomendasikan cara tersebut.

Menggunakan Alat Polarimeter Cara ini tidak 100% benar madu asli secara optis akan memutar ke kiri, sedangkan madu palsu akan memutar ke kanan. Tips untuk membedakan madu dengan cara mudah seperti di atas tidak selamanya benar 100% karena dalam setiap pemanenan mengandung kadar air yang berbeda-beda, misalkan ketika panen pada musim hujan, maka madu akan banyak mengandung air selain menyebabkan lebih cair, air hujan juga akan menyebabkan madu terodaksi udara maka madu akan menjadi lebih masam ( INGAT AIR HUJAN BERSIFAT ASAM ).

Meledak Madu asli tidak akan selalu meledak karena setiap madu memiliki tingkat pH berbeda-beda, maka kemungkinan untuk meledak juga berbeda-beda seperti MADU KELULUT Memiliki pH yang tinggi apabila di taruh pada suhu yang tinggi atau di bawah terik matahari maka akan meledak, makanya untuk MADU KELULUT disarankan untuk di simpan dalam Freezer atau simpan di tempat yang sejuk.

Madu kelulut secara ekonomis dapat meningkatkan penghasilan tambahan bagi warga dengan cara budidaya dapat madu kemudian dijual tentunya hal ini jika berkesinambungan akan memperoleh hasil yang lebih baik, namun disayangkan ada juga yang mendapatkan uang dengan menjual sarang kelulut yang masih didalam potongan kayu sampai keluar keluar daerah. Dengan maraknya budidaya madu kelulut tentunya harus didukung dengan ilmu pengetahuan dengan cara pelatihan budidaya yang baik dan benar seperti memisah koloni kelulut yang sudah ada menjadi koloni-koloni baru, sehingga pohon mangrove jenis nyirih tempat yang disenangi kelulut untuk bersarang tidak habis ditebang dengan pemanfaatan sumberdaya alam yang ada dapat berguna bagi masyarakat banyak dan tetap memperhatikan aspek lestari.

No comments:

Post a Comment