Tuesday, 2 December 2014

PUTRI YANG TERSEMBUNYI


Siapa yang pernah menyangka cermai salah satu tempat pemukiman warga   yang berada di Dusun Setingga Desa Sebubus yang  menjadi lintasan menuju Desa Temajuk ini, sekarang tampilannya sudah berubah walaupun cermai memiliki wilayah yang luas namun statusnya masih RW.  Perubahan ini mulai terlihat dari pelabuhan sungai yang dalam pengerjaan sampai jalan baru beraspal yang membelah kampung sampai ketepi pantai belum lagi jalan Negara yang baru sudah terbentang di pesisir pantai serta adanya listrik PLTS.
Hal ini tentunya membawa angin segar bagi masyarakat sekitar, dengan terbukanya akses jalan terlihat keindahan alam yang ada ditempat ini seperti putri tersembunyi yang baru ditemukan.Tempat yang berada dipesisir   ini memiliki pantai yang indah, sekarang lebih dikenal dengan nama pantai cermai kampak indah yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) masyarakat cermai baru berjalan lima bulan.
Pantai berpasir putih yang berkilauan diterpa sinar matahari karena terdapat zircon dengan Deburan ombak Segarnya udara pantai yang masih banyak ditumbuhi pepohonan membuat sejuk dan damai suasana hati belum lagi melihat anak-anak penyu atau tukik yang ada dipenangkaran.
Perlu diketahui panjang Pantai Desa Sebubus sampai temajuk lebih kurang 63 KM dan tempat peneluran penyu hanya ada di Sebubus, sekarang tinggal bagaimana konsep mengelola perpenyuan yang ada bukan dengan menjual telurnya namun bagaimana mencari solusi yang terbaik seperti membuat zona khusus penyu  dan membangun pariwisata, bukan hanya penyu yang jadi perhatian namun bagaimana mengamankan hutan disekitar pantai mengingat satwa-satwa langka banyak khusus daerah Area Penggunaan Lain (APL) yang sudah dimiliki oleh warga.
Untuk menuju Pantai ini sangat mudah bagi yang sudah biasa ke temajuk tentunya sering melintasijalan ini, setelah melewati penyebrangan sungai sumpit-cermai kemudian menuju perkampungan akan terlihat tanda dipersimpangan ada  belokan jalan kekiri lebih kurang 7KM akan sampai dipantai.
Banyak orang yang  datang kesini bilang pantai ini mirip dengan bali jika dikelola dengan baik tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Warga cermai bersuka cita beramai-ramai  menyambut kedatangan Bupati Sambas Dr. Djuliarti Djuhardi Alwi MPh beserta rombongan, mantan Bupati Ir. Burhanudin, Dandim 1202 Singkawang, Camat Paloh, Para Kades yang berkesempatan mengunjungi tempat ini setelah mengikuti acara kunjungan Kapolda Kalbar di Temajuk sabtu (22/11).
Dalam hal kepedulian terhadap satwa dan lingkungan Pokdarwis ini juga berpartisifasi dalam kegiatan Kapolda dengan memberikan tukik yang diserahkan melalui BKSDA Wilayah III Singkawang selanjutnya diserahkan ke Kapolda sebanyak 50 ekor yang sudah berumur dua bulan lebih untuk dilepas dipantai temajuk. Sebelumnya Kapolres Sambas, Instansi terkait seperti Disporabudpar, DKP dan BLH Kab. Sambas uga telah berkunjung, dengan hadirnya para pejabat ini diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan dilokasi pantai ini dikarenakan bangunan yang ada saat ini adalah hasil swadaya masyarakat. 
Hal ini untuk membuktikan keseriusan masyarakat untuk mengembangkan daerahnya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan tidak merusak lingkungan dengan membangun eco wisata. Semua ini tak lepas dari pembinaan yang dilakukan


Camat Paloh Usman S.Sos, MM hampir setiap minggu datang ketempat ini memberikan saran pendapat dalam pengelolaan lokasi pantai dan juga pendampingan yang dilakukan Lembaga Kalilaek Paloh untuk memberikan penyadartahuam akan pentingnya menjaga dan melestarikan hutan, satwa,  keanekaragaman hayati dan ekosistem dengan menciptakan Pariwisata berbasis lingkungan.
Mari kita semua bergandengan tangan dengan tujuan dan melangkah bersama untuk membangun dan mengembangkan potensi yang ada dengan mencontoh daerah-dareah yang sudah berhasil. Tentunya kita harus berpikaran positif dan bukan mencari-cari masalah serta saling menyudutkan, jika telah terbagun Komunikasi intergrasi singkronisasi (KIS) dengan baik insya Allah semua bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan kedepan membangun masyarakat yang sejahtera dapat tercapai.





EmoticonEmoticon