Friday, May 11, 2012

WASPADA TERHADAP BINATANG BERBISA


Oleh : Darmawan
Laut dan sungai yang ada di paloh banyak menyimpan berbagai habitat dari binatang berbahaya sampai yang tidak bahaya, binatang-binatang ini memiliki keistimewaan tersendiri dalam mempertahankan diri baik dari jenis berduri sampai beracun.
Bagi masyarakat binatang yang ada sudah terbiasa mereka hadapi, namun terkadang lupa bahwa binatang-binatang ini juga berbahaya dan hal ini sudah sering terjadi seperti contoh beberapa hari lalu tanggaku nelayan togok terkena gigitan ular girang walaupun nampak seperti ular yg lemah kecil namun bisanya lebih hebat dari kobra dan tak tanggung lagi korban meninggal dengan hati serta ginjal hancur.
Bagi nelayan togok ular ini sering masuk kejaring, begitu jaring diangkat keperahu biasanya akan terlihat ular ini dan langsung dipegang lalu dilempar ke air lagi. Belum lagi dengan jenis ikan yang berduri bepatek kate orang sambas juga merenggut nyawa warga, walaupun sudah suratan takdir namun kita juga perlu waspada dan jika terkena racun ataupun patek harus cepat diobati jangan sampai dibiarkan berlama-lama. Beberapa bulan terakhir  di sungai dungun juga heboh dengan serangan seekor buaya terhadap 4 orang dengan jarak yang berdekatan sekaligus, entah ada apa gerangan yang membuat buaya ini menjadi gila. Dan jumlah buaya-buaya muara ini setiap tahunnya makin bertambah dan sering terlihat di sungai-sungai kecil yang ada ditempatku.         


1 comment:

  1. BELE YE BINATANG BUAS ASLI MUN BEKELI DENGAN IYE KE PASTI JADI ONGBAK AGEK KECIK WKWKWKW JUS KIDDING

    ReplyDelete