Friday, 27 April 2012

TENGKUYUNG BAKAU



Oleh : Darmawan
Bakau memiliki manfaat yang sangat besar bagi daerah pesisir sebagaimana tempat tinggalku dipaloh, hutan bakau yang masih terjaga dengan baik ini menyimpan berbagai macam potensi yang ada didalamnya.
Selain tempat ikan berkembang biak juga ada burung, monyet, kepiting, kepah, remis, dan yang satu ini tak kalah menariknya adalah tengkuyung. Walau kecil namun memiliki nilai ekonomis, kegiatan mencari tengkuyung di hutan bakau biasa dilakukan para orang tua bahkan anak-anak.
Untuk sekarang ditempatku harga 1 Kg dijual dengan harga Rp.10.000, untuk melihat tengkuyung ini yang paling baik adalah sewaktu air pasang. Mereka akan memanjat pohon tapi tidak terlalu tinggi hanya sebatas tidak tenggelam karena bukan jenis binatang yang hidup di air, jadi lebih mudah dalam mengambil tengkuyung ini.
Sewaktu air surut mereka akan turun lagi dari pohon, Karena tidak bisa jalan mundur para tengkuyung ini turun dengan cara  menjatuhkan diri kebawah. Bagi masyarakat dalam hal menyajikan tengkuyung bisa direbus begitu saja atau yang tren dikampung maupun dikota dicampur dengan sayur keladi rasanya enak…Tengkuyung yang ada dialam bisa juga dipelihara semacam tambak, dalam hal ini kita hanya perlu membuat parit sekitar 0.5mx0.5m setiap petakan agar tengkuyung tidak berjalan atau nyebrang ketempat lain dan tidak lupa diberi pagar untuk keamanan. Untuk tambak kuyung yang ada ini tidak perlu diberi pakan lagi dan hal ini pernah diajukan program untuk masyarakat pesisir dalam memanfaatkan areal hutan bakau dengan tanpa merusak dan diakui sebagai program satu-satunya di Indonesia karena belum pernah diajukan oleh daerah lain. Namun sayang tidak ada tindak lanjut setelah itu, jadi mudah-mudahan untuk kedepan program ini bisa dilanjutkan dan menjadi salah satu nilai tambah untuk daerah ini.


EmoticonEmoticon