Saturday, April 21, 2012

MOTOR PENGANGKUT BARANG DIPERBATASAN

                                                                                    Oleh : Darmawan
Motor adalah salah satu alat transportasi yang banyak digunakan, masyarakat didaerah pelosok perbatasan motor-motor ini digunakan untuk mengangkut barang kedaerah yang tidak bisa dimasuki atau dilewati mobil.
Sebelum dijadikan alat pengangkut, motor terlebih dahulu dimodif supaya mampu membawa beban berat dengan memerlukan tambahan biaya yang cukup lumayan besar seperti shock breaker yang harus di double dan ditambah besi pada depan dan belakang untuk tempat barang.
Angkutan paling berat yang pernah dibawa adalah bensin bisa mencapai 400 liter dibawa dari SPBU yang ada, belum lagi mengangkut gula dan tabung gas dari border aruk harus melewati pegunungan dengan kondisi jalan yang tidak mulus. Selain itu juga diperlukan untuk mengangkut keperluan bahan makanan, bahan bangunan  untuk desa temajuk yang saat ini hanya bisa dibawa dengan motor karena harus menyeberangi sungai sumpit dengan mengunakan perahu.

Pernah ada kejadian ketika itu akan memasukkan motor keperahu dan waktu itu air surut jadi jembatan menjadi curam  akhirnya bukan masuk perahu tapi sungai.Tentunya perkerjaan ini memerlukan stamina badan yang fit begitu juga motornya, bagi kita yang tidak pernah melaksanakan perkerjaan ini tentunya ngeri dengan beban barang yang mereka bawa namun ada juga yang memuji karena didaerah mereka belum pernah melakukan hal seperti itu.                     

No comments:

Post a Comment